Prefabricated vertical drain (PVD) merupakan metode perbaikan tanah lunak yang sudah selama kurang lebih 20 tahun menggantikan cara konvensional sand drain. Apabila suatu bangunan dibangun diatas tanah lunak yang dapat dipadatkan, maka secara otomatis akan terjadi pemadatan pada tanah yang akan mengganggu kestabilan dari struktur diatasnya. Waktu terjadinya pemampatan yang terjadi bisa jadi akan berlangsung dalam waktu yang tidak singkat dan cenderung sangat lama. Penggunaan vertical drains inilah yang akan mengurangi waktu pemampatan yang awalnya berlangsung lama menjadi jauh lebih singkat.

Sebelum tahun 1980an, pemampatan tanah lunak menggunakan sand drain dan horizontal sand blanket drain. Cara ini memerlukan biaya yang mahal dan waktu proses pelaksanaan sangat lama, selain itu pori-pori pasir dapat tersumbat oleh partikel lain yang memiliki diameter lebih kecil dari partikel pasir sehingga dapat menghalangi pengaliran air keluar dari tanah.
Beberapa kesulitan dari penggunaan sand drain ini dirangkum oleh Yeung pada tahun 1997, sebagai berikut:
1. Pasir yang digunakan untuk sand drain memiliki spesifikasi tertentu sehingga susah diperoleh di sekitar proyek
2. Pengaliran air bisa menjadi tidak sesuai dengan yang diinginkan karena proses instalasi yang kurang baik
3. Kemungkinan terjadinya kolaps pada tanah menjadi besar ketika material pasir dimasukkan kedalam lubang
4. Kondisi tanah lunak dapat menyebabkan pasir ang dimasukkan merembet melebihi diameter yang ditentukan
5. Kondisi tanah disekitar sand drain akan terganggu nilai permeabilitynya sehingga air tidak dapat mengalir dengan baik

Pada awal tahun 1980, prefabricated vertical drain mulai berkembang dan digunakan sebagai pengganti penggunaan sand drain. Pemasangan PVD ini relatif lebih cepat dan murah dibandingkan dengan sand drain sehingga pada akhir tahun 1980 mulai berkembang dan banyak digunakan. Pada tahun 1987, PVD digunakan bersamaan dengan Prefabricated Horizontal Drain (PHD) di proyek lapangan, kemudian metode ini mulai berkembang ke beberapa negara lain.
Kelebihan penggunaan PVD dibandingkan sand drain :
1. PVD lebih murah dibandingkan dengan sand drain
2. Pemasangan PVD jauh lebih cepat dan tanpa menggunakan banyak pekerja maupun peralatan
3. Pengaliran air jauh lebih baik dan terkontrol
Karena beberapa kelebihan tersebut hingga saat ini setiap proyek pembangunan jalan, bandara, bendungan, jalan tol selalu menggunakan PVD untuk memadatkan tanah lunak. Kami PT Langgeng Jaya Plastindo memproduksi PVD serta melayani penyewaan rig untuk pemasangan PVD. Harga PVD yang kami jual lebih kompetitif dibandingkan PVD import.

Sumber : academia