Panjang rantai polimer pada PET (klik disini untuk mengetahui apa itu PET) menentukan berat dari material dan properti fisik yang membuat PET berguna sebagai material packaging. Intrinsic Viscosity (IV) adalah ukuran berat molekul polimer dan merefleksikan titik lebur, kristalinitas dan daya tarik dari material tersebut. Nilai IV sebagai bagian dari spesifikasi untuk menentukan grade PET yang ingin dipakai.

Nilai IV yang tinggi pada PET digunakan pada aplikasi pembuatan botol minuman, botol minuman berkarbonasi, botol kosmetik. Untuk nilai IV yang rendah dapat digunakan pada industri serat fiber dan tekstil. Sampah PET dengan nilai IV tinggi dapat di daur ulang untuk digunakan sebagai material fiber atau strapping band.

PET sangat higroskopik dan menyerap kelembaban dari udara sekitar. Sejumlah kecil uap air akan menghidrolisis PET dalam fase leleh, sehingga mengurangi berat molekul. Hidrolisis dapat terjadi karena kelembaban dan ini sering dapat dilihat sebagai pengurangan IV (Intrinsic Viscosity) dari produk.

Setiap kali PET didaur ulang, nilai IV akan menurun. Sehingga botol PET dari plastik original yang telah didaur ulang dan dibentuk menjadi botol PET lagi, tidak akan memiliki IV yang sama seperti sebelumnya. Itulah mengapa terkadang beberapa persen resin original ditambahkan ketika mendaur ulang PET untuk meningkatkan nilai IV.