Langgeng Jaya Plastindo

Biji Plastik HDPE Recycle untuk Pipa Air Food Grade

Biji plastik HDPE kini digunakan di banyak industri, persaingan dalam memperebutkan supplai biji plastik ini cukup tinggi apalagi ditambah dengan fluktuasi harga dari biji plastik tersebut yang selalu naik turun. Saat ini kita akan membahas salah satu kegunaan dari biji plastik HDPE yaitu untuk pembuatan pipa air berstandard food grade.

Bahan HDPE memiliki densitas tinggi, bahan ini juga biasa dikenal dengan nama Alkathene, sedangkan penggunaan untuk bahan pipa, orang lebih familiar dengan nama Poliethilena (Polythene). Memiliki simbol daur ulang nomor dua, yang artinya bahan ini bisa didaur ulang untuk dijadikan benda tertentu. Selain untuk pipa sebenarnya HDPE juga digunakan dalam beragm kebuthan. Mulai dari kantong plastik, peralatan rumah tangga, kemasan makanan, kemasan susu, kursi, meja, papan seluncur, mainan, tempat makan bayi.

pipa hdpe

Karakter istimewa HDPE ini terletak pada desain pembuatannya. Percabangan yang sedikit, membuat gaya tarik antar molekul bahan sangat tinggi. Sehingga bahan ini bisa mengeras di suhu normal dan tahan terhadap suhu tinggi hingga 120 ℃. Selain itu bahan HDPE juga tahan terhadap zat kimia dan aman digunakan untuk peralatan makan.

Sejak jaman dahulu di Mesir orang sudah mengetahui teknologi pipa sebagai saluran air. Pada saat itu mereka menggunakan lempengan tembaga yang dibentuk sedemikian rupa sehingga dapat mengalirkan air dari rumah ke rumah. Konsep ini yang kemudian diadopsi oleh orang Eropa khususnya di Belanda. Yang pada akhirnya menjadi pionir penggunaan bahan plastik termasuk pipa HDPE untuk saluran perpipaan modern. Sebelum menggunakan pipa dari bahan HDPE, pada awalnya pipa besi yang digunakan untuk saluran air, karena sifat bahan logam yang dianggap dapat bertahan lama. Hanya saja pipa dari besi memiliki kelemahan yang sangat fatal yaitu mudah berkarat, sehingga mencemari air bersih.

Akhirnya bahan plastik dipilih karena permukaan lebih halus dan tidak memiliki sifar berkarat. Awalnya bahan thermoplastik yang digunakan adalah jenis Polyvinyl Chloride atau dikenal juga PVC. Hanya saja bahan ini pun juga memiliki kelemahan, karena aliran air menyebabkan kekuatan bahan berkurang dan mudah pecah jika terkena benturan tiba-tiba. Karena kekurangan ini maka akhirnya dipikirkan kembali untuk menggunakan bahan sejenis namun memiliki karakter lebih baik sekaligus dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.Hingga akhirnya ide membuat pipa HDPE pun muncul dikarenakan HPE memiliki karakter istimewa yaitu:

Dibandingkan dengan PVC, bahan pipa HDPE memiliki sifat lebih kaku, kuat, tangguh serta tahan lembab namun dengan tingkat kelenturan lebih baik dan tinggi.

Note : Jika anda membutuhkan biji plastik recyle dengan HARGA TERBAIK dan KUALITAS TERJAMIN , anda bisa langsung menghubungi kami di 0813-3666-9099 atau marketing@ljplastindo.co.id

Biji Plastik HDPE Recycle untuk Pipa Air Food Grade 2017-11-22T07:02:26+00:00 2017-11-22T07:02:26+00:00